Untuk Sementara, Siakad Lancar

Siakad yang telah lancar diakses ternyata masih dicemaskan mahasiswa untuk kedepannya 

Kini Sistem Akademik (Siakad) sudah dapat diakses untuk pengisian Kartu Rencana Studi (KRS). “Awalnya sulit mengakses Siakad tapi sekarang sudah jauh lebih baik,” ungkap Dyan mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK).

Pihak Pusat Komputer (Puskom) sebagai pengelola portal siakad UNJ, telah  melakukan perbaikan meliputi, penghilangan menu KHS/DHS dan jadwal kuliah. Menu tersebut ditutup sementara sebagai upaya pengurangan beban bandwith sehingga Siakad lebih mudah diakses. Selain itu,  pengaktifan anjungan di tiap-tiap fakultas turut berperan memperlancar siakad. Pun, dilakukannya buka tutup jalur masuk user ke portal Siakad yg di akses melalaui intranet dan inernet.  Hal tersebut langsung oleh akun facebook Siakad UNJ yang  menjadi media interaksi antara mahasiswa dan pengelola. Alhasil terhitung 11 Februari 2013 siakad dapat berfungsi kembali untuk  pengisian KRS semester 098 bagi mahasiswa yang hendak melakukan studi.

Ternyata berbagai perbaikan yang dilakukan Puskom masih dicemaskan oleh beberapa mahasiswa,“Sudah mengantri, loadingnya pun lama,” keluh Jelita mahasiswi Sejarah 2010 yang menunggu di anjungan hingga satu jam. Hamidah, mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) menambahkan, kemungkinan jumlah mahasiswa yang terus meningkat di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) sementara perbaikan hanya sampai pada penghilangan beberapa menu saja.

Dan lagi- lagi tradisi sulitnya sivitas mengakses siakad akan mengganggu sistem akademik  yang akan terus berlangsung.  Sementara, setiap mahasiswa di UNJ secara rutin telah membayarkan uang sejumlah Rp 45.000 per semester untuk layanan informasi dan teknologi.

Permasalah siakad akan kembali terulang jika tidak diselesaikan secara menyeluruh dan dipastikan akan mengganggu kegiatan akademik. Peningkatan server, bandwith dan operator kemungkinan akan dihadang kendala dana, “Untuk sewa bandwidth yang sudah ada saja masih menggunakan dana hutang,” ungkap Irsal.

Turut menanggapi Suryadi, Pembantu Rektor (PR) II menjanjikan perbaikan pada sistem informasi teknologi (IT) yang ada di UNJ.“ Tahun 2013 direncanakan akan dilakukan perbaikan pada sistem IT, struktur maupun dalam pengembanganya.”

Menurut Irsal, pengelolaan Siakad yang dilakukan Puskom hanya menjadi persoalan teknis semata. Yang penting baginya adalah adanya komitmen pada kebijakan  yang dikeluarkan oleh pimpinan universitas.

Leave a Reply

Hubungi Kami

Gedung G Ruang 304 Lantai 3 Kompleks Universitas Negeri Jakarta Jl. Rawamangun Muka No. 1 Jakarta 13220
Telp: 021-47865543
Email:redaksi304@didaktikaunj.com lpm.didaktikaunj@yahoo.com

ADVERTISEMENT

Photobucket Photobucket
Masuk log - by VBzen.com