Lifestyle

Comment

Gaya hidup atau biasa kita sebut dengan istilah Life Styles, yang juga menjadi judul dari buku ini menjadi sebuah pembahasan menarik yang diangkat oleh David Chaney dalam menyikapi era globaliasasi dan moderenisasi yang terus melaju dengan pesatnya ini.

Adanya perubahan ideologi atau pergeseran ideologi masyarakat yang tanpa disadari semakin terlihat wujudnya.  Perubuhan itu terjadi seiring perkembangan zaman yang kian pesat, yang juga telah menciptakan gaya hidup konsumtif bagi masyarakat. Hal ini terlihat jelas dengan ditandainya dengan menjamurnya pusat perbelanjaan bergaya semacam Shopping Mall, industri mode atau fashion, industri kecantikan, industri kuliner, industri nasihat, industri gosip, kawasan huni mewah, apartemen, real estate, gencarnya iklan barang-barang supermewah dan liburan wisata ke luar negeri, berdirinya sekolah-sekolah mahal, kegandrungan terhadap merk asing, makanan serba-instan (fast food), telepon seluler (HP), dan tentu saja serbuan gaya hidup lewat industri iklan dan televisi yang sudah sampai ke ruang-ruang kita yang paling pribadi.

Gaya hidup mengharuskan dan menuntut seseorang untuk memiliki “gayanya sendiri” atau lebih tepatnya memilih pilihan gaya hidup yang tersedia atau yang telah ditawarkan oleh publik, semacam pencarian jati diri mungkin lebih tepatnya.

Chaney menunjukan kepada kita apa yang sebenarnya menjadi  konsep gaya hidup (lifestyles) itu sendiri. Dalam buku ini ia membagi Lifestyles menjadi tiga perspektif yang berbeda. Pada bagian pertama ia menerangkan tentang bagaimana pengertian gaya hidup dirumuskan dan mengenai perubahan sturktur sosial modernitas. Lalu pada bagian kedua ia memaparkan berabagi teori mengenai gaya hidup dan perubahan budaya modernitas. Kemudian pada bagian ketiga Chaney lebih mengamati secara dekat tentang bentuk budaya dari gaya hidup kontemporer. Selain itu dalam buku ini Cahaney juga menambahakan pada bagian akhir berupa pandangan gaya hidup dalm kehidupan sehari- hari.

Buku ini membantu kita dalam menyikapi dan memahami sikap serta dapat mengklasifikasikan apa yang sebenarnya disebut dengan gaya hidup (Lifestyles) dan bagaimana istilah ini makin penting serta meluruskan kesalah pahaman konsep yang terjadi selama ini tentang istilah tersebut.

LPM DIDAKTIKA
Up Next

Related Posts

Discussion about this post

%d blogger menyukai ini: