Jurnalisme Visual, Sajikan Informasi Efektif

Comment

Rabu (11/10) Lembaga Pers Mahasiswa Media Publica menggelar seminar yang bertajuk “Visual Journalism” dalam rangkaian penyelenggaraan Creative Communication Festival (Crecof). Seminar ini diisi oleh Zen Rachmat Sugito selaku Editor at Large tirto.id dan Pandu Lazuardy selaku Graphic Designer kompas.com. Seminar ini diselenggarakan di Laboratorium Humas Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), Senayan, Jakarta Barat.
Tema seminar ini menjadi salah satu rangkaian dari seluruh tema seminar Crecof 2017, selain “Marketing in Only One Click” di Selasa (10/10) dan “Be Entrepreneur in Creative Way” di Kamis (12/10).

Acara ini diselenggarakan untuk memberikan gambaran kepada mahasiswa umum, bahwa mahasiswa harus peka dengan berbagai perkembangan dunia komunikasi, sehingga acara ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada mahasiswa mengenai perkembangan industri komunikasi pada saat ini, memperkenalkan mahasiswa terhadap lapangan pekerjaan di bidang industri kreatif, dan mempersiapkan mahasiswa agar dapat bersaing dengan pegiat dunia komunikasi tingkat nasional maupun internasional.

Visual Journalism atau Jurnalisme Visual menjadi tren bagi media daring dalam menyajikan sebuah berita. Menggunakan infografis, video, dan lainnya, menjadi sarana supaya berita disampaikan kepada pembaca secara efektif. 

Zen menuturkan pembuatan infografis di media tempat ia bernaung. “Kalau di tirto.id, infografis dibuat oleh tiga orang,” ujarnya. Tiga orang yang dimaksudkan adalah orang yang mengerjakan teks, gambar, dan tata letak dari infografis. Ia juga menuturkan pembuatan satu infografis membutuhkan waktu satu hari untuk membuatnya.

Zen juga menambahkan, medianya juga mempunyai segmen baru bernama Visual Report. Ia menuturkan bahwa pembuatan Visual Report membutuhkan enam orang untuk membuatnya, serta durasi pembuatan yang lama. “Persiapan untuk menyajikan ini (Visual Report – red) satu bulan,” ucapnya sambil menunjukkan Visual Report tentang Perkembangan Komunis di Dunia.

Senada dengan Zen, Pandu juga menunjukkan Visual Report versi medianya, kompas.com. Tema yang diambil tentang Penggunaan Narkotika di Kalangan Remaja. Pandu menuturkan bahwa persiapan Visual Report yang disajikan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. “Kami mempersiapkan ini selama kurang lebih dua minggu,” ujarnya. Pandu juga mengatakan bahwa penyajian Visual Report efektif dalam penyampaian maksud berita. “Karena masyarakat kebanyakan jenuh baca tulisan yang panjang,” tambahnya.

Manajemen redaksi menurut Zen tidak terbatas oleh sekat tanggung jawab jabatan. “Kita mah cair aja pembagian tanggung jawab, makanya satu orang bisa handle sampai tiga tugas,” ucap lulusan sebuah universitas di Yogyakarta ini. Zen juga menuturkan bahwa admin majeur (pemimpin redaksi) medianya juga harus mempunyai kemampuan jurnalistik. “Kalau di tirto.id, yang dicari pemimpin bukan pengalaman di bidang administrasi, tapi punya kemampuan kayak menulis, juga tata letak dan desain grafis,” tambahnya.//Media Publica – M. Rizky Suryana

LPM DIDAKTIKA
Up Next

Related Posts

Discussion about this post